Halo sobat happy!!, apakah kalian percaya dengan makhluk halus? dan kalian pernah denger gak sih makhluk halus kepercayaan masyarakat di Indonesia?. Setiap makluk halus kepercayaan daerah di Indonesia memiliki nama yang berbeda-beda, tetapi banyak yang memiliki wujud yang sama.

Uniknya nih, antropolog Clifford Geertz membagi makhluk halus di Jawa menjadi lima golongan besar. Dia merangkum dalam bukunya, Abangan, Santri, Priayi dalam Masyarakat Jawa.

1. Memedi

makhluk halus yang menakut-nakuti. Antara lain Jrangkong (berbentuk kerangka manusia); Wedon (jenazah berkain kafan); Banaspati (berjalan di atas kedua tangannya sambil mulutnya menyemburkan api; kepalanya terletak pada tempat alat kelaminnya.); Jims (hantu islam); pisacis (hantu anak ang sewaktu meninggal tak punya orangtua sehingga mencari orangĀ  yang sudah berumah tangga untuk menumpang di rumahnya); Uwil (hantu bekas laskar Bugis); Setan Gundul (kepala gundul, memiliki kuncung); Sundel Bolong (punggungnya bolong, tertutupi rambutnya yang panjang); Genderuwo (jahil, bisa mengubah diri jadi orang yang kita kenal).

2. Lelembut

Suka merasuki orag yang membuat korbannya kesurupan, sakit

3. Tuyul

Makhluk halus berwujud anak kecil yang memberikan kekayaan kepada pemiliknya.

4.Demit

Penunggu tempat-tempat keramat. Menerima permohonan orang dengan kaul, dari kekayaan hingga jodoh. Jika permohonannya terkabul namun dia lupa menunaikan kaulnya (biasanya berupa tumpeng yang diserahkan ke kuncen), demit akan menagih janji dan datang dalam rupa seekor ular hitam.

5. Danyang

Roh pelindung yang menetap di suatu tempat. Menerima permohonan orang dan sebagai imbalannya menerima persembahan sesajen. Biasanya tokoh yang sudah meninggal seperti pendiri desa atau orang yang pertama membuka lahan.

Dari beberapa kategori makhluk halus di atas, semua itu hanyalah kepercayaan masyarakat, semua dikembalikan kepada kita sendiri.

By the way, Game Who is He: Let Me Out Terinspirasi dari beberapa makhluk di atas, kita bisa mengenal lebih jauh tentang makhluk tersebut melalui game ini. ayo dukung karya anak bangsa !!.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *